PENERAPAN MODEL SERVQUAL (SERVICE QUALITY) DALAM PELAYANAN PUBLIK : STUDI KASUS KANTOR CAMAT LAPPARIAJA KABUPATEN BONE

  • Ahmad Rosandi Sakir Universitas Pattimura

Abstract

Metode Servqual adalah salah satu metode yang dapat diterapkan dalam pelayanan publik. Metode ini digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan yang diberikan oleh suatu instansi pemerintah atau organisasi. Servqual merupakan singkatan dari Service Quality, yang berarti kualitas pelayanan. Metode ini terdiri dari lima dimensi, yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Penelitian ini Bertujuan Untuk mendeskripsikan penerapan pelayanan publik di Kantor Kecamatan Lappariaja, Kabupaten Bone, dengan menggunakan model Servqual. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengeksplorasi dan menggambarkan penerapan Model Servqual dalam pelayanan publik. Lokasi penelitian ini terfokus di Kantor Camat Lappariaja, Kabupaten Bone. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan perlunya langkah-langkah perbaikan yang berkelanjutan di Kantor Kecamatan Lappariaja. Peningkatan aksesibilitas teknologi, keterampilan komunikasi staf, kejelasan informasi, keandalan layanan, dan empati dalam respons terhadap kebutuhan individu masyarakat menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan pelayanan publik yang lebih baik dan memenuhi harapan masyarakat secara menyeluruh.

Published
May 1, 2024
How to Cite
SAKIR, Ahmad Rosandi. PENERAPAN MODEL SERVQUAL (SERVICE QUALITY) DALAM PELAYANAN PUBLIK : STUDI KASUS KANTOR CAMAT LAPPARIAJA KABUPATEN BONE. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 2, p. 845 - 860, may 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4161>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i2.4161.
Section
Artikel