PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “ABEL KALOR” PADA ANDROID UNTUK MENGUKUR MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS 5 SEKOLAH DASAR

  • Resti Titiandari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Jakarta, Indonesia
  • Ihsana El Khuluqo Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Jakarta, Indonesia
  • Irdalisa Irdalisa Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Jakarta, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk, menguji kelayakan, dan menganalisis kepraktisan media pembelajaran Abel Kalor untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Keterbaruan penelitian adalah pengembangan produk menggunakan 4 macam software serta mengubah media pembelajaran menjadi aplikasi guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian menggunakan Research and Development (ADDIE). Lima tahapan utama penelitian, yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji kevalidan produk diukur berdasarkan penilaian ahli materi, media, dan bahasa. Kelayakan dan kepraktisan produk terhadap peningkatan motivasi belajar peserta diukur berdasarkan angket respon peserta didik. Kelayakan dan kepraktisan produk juga diukur melalui angket respon guru. Hasil penelitian menyatakan bahwa hasil validator ahli materi sebesar 92,80% (Sangat Valid), hasil validasi ahli materi terhadap RPP sebesar 93,75% (Sangat Valid), hasil validator ahli media sebesar 92,5% (Sangat Valid), hasil validator ahli bahasa sebesar 93,75% (Sangat Valid). Hasil angket respon peserta didik penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar sebesar 77,8% (Sangat Tinggi); angket kelayakan media sebesar 99% (Sangat Baik); dan angket kepraktisan produk sebesar 82,66% (Sangat Baik). Hasil angket respon guru sebesar 90% (Sangat Baik); dan angket kelayakan dan kepraktisan produk sebesar 94,4% (Sangat Baik). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,73 dengan kriteria Tinggi.

Published
Mar 11, 2024
How to Cite
TITIANDARI, Resti; KHULUQO, Ihsana El; IRDALISA, Irdalisa. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “ABEL KALOR” PADA ANDROID UNTUK MENGUKUR MOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 1, p. 536-549, mar. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4128>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i1.4128.
Section
Artikel