EFEKTIVITAS POST TRAUMATIC GROWTH PADA WANITA KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DITINJAU DARI RESILIENSI : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

  • Clara Cindy Isabela Sipayung Diponegoro University
  • Nayla Arifatun Nabila Universitas Diponegoro
  • Shella Evitananda Universitas Diponegoro
  • Siti Nur Azizah Universitas Diponegoro
  • Dian Veronika Sakti Kaloeti Universitas Diponegoro

Abstract

Data Kementerian Pemberdayaan Perempuan disepanjang tahun 2022 terdapat kasus kekerasan seksual pada perempuan sebanyak 11 ribu kasus. Kekerasan seksual dapat menimbulkan dampak secara fisiologis seperti luka fisik, kesulitan makan dan tidur. Dampak lain yaitu secara emosional yang cenderung menyalahkan diri sendiri. Dampak secara psikologis juga dapat berefek dalam jangka waktu panjang yang memunculkan gangguan secara psikologis berupa trauma mendalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui post traumatic growth pada wanita korban kekerasan seksual yang ditinjau dari resiliensi. Penelitian ini dilakukan dengan literature review yang di publikasi dalam waktu sepuluh tahun terakhir antara 2014 hingga 2023. Kriteria inklusi menjadi parameter pemilihan literature yang akan direview. Berdasarkan hasil studi literature review ditemukan data post traumatic growth pada wanita korban kekerasan terdapat pada 2 domain, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu seperti kekuatan fisik, perilaku koping yang positif, keterampilan komunikasi, persepsi diri, efikasi diri. Faktor eksternal yaitu adanya dukungan keluarga, teman, organisasi, memiliki anak.

Published
May 1, 2024
How to Cite
SIPAYUNG, Clara Cindy Isabela et al. EFEKTIVITAS POST TRAUMATIC GROWTH PADA WANITA KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DITINJAU DARI RESILIENSI : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 32, n. 2, p. 812 - 822, may 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/4038>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v32i2.4038.
Section
Artikel