PENGARUH FASILITAS KAMAR TERHADAP KEPUASAN TAMU MENGINAP PADA HOTEL BERBINTANG DI PARAPAT KABUPATEN SIMALUNGUN SUMATERA UTARA

  • Robert Deffie Politeknik Pariwisata Medan
  • Booni Tauhid Politeknik Pariwisata Medan
  • Abdul Kadir Ritonga Politeknik Pariwisata Medan
  • Muhammad Hamdani Politeknik Pariwisata Medan

Abstract

Fasilitas kamar yang tersedia lengkap dan sesuai dengan keinginan wisatawan atau tamu yang menginap akan mendapatkan kepuasan tersendiri, sebaliknya ketidak puasan atau kecewa oleh tamu yang menginap jika  fasilitas kamar yang tersedia kurang lengkap. Disamping itu juga fasilitas kamar yang terdapat didalam kamar tamu dapat menimbulkan persepsi yang positif atau negatif. Kepuasan tamu sangat dipengaruhi oleh fasilitas kamar yang disediakan oleh hotel, apakah sesuai atau tidak sesuai dengan keinginan tamu yang menginap. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fasilitas kamar yang meliputi fasilitas kamar tidur dan fasilitas kamar mandi terhadap kepuasan tamu menginap pada hotel berbintang di Parapat Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan berdasarkan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian menggunakan analisa statistik linier regresi berganda, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara teknik Purpose-sampling 52 orang dari Hotel Berbintang di Parapat Kabupaten Simalungun Sumatera Utara. Penelitian ini menghasilkan bahwa variabel fasilitas kamar tidur (X1) terhadap kepuasan tamu menginap (Y) tidak berpengaruh signifikan sedangkan variabel fasilitas kamar mandi (X2) berpengaruh positif terhadap kepuasan tamu menginap (Y) dikarenakan perlengkapan kamar mandi tersedia lengkap dan sesuai dengan harapan tamu sehingga tamu merasa puas pada saat menginap. Sedangkan variabel fasilitas kamar tidur (X1)  dan fasilitas kamar mandi (X2) tidak terdapat pengaruh X1dan X2 secara simultan terhadap kepuasan tamu menginap (Y).

Published
Dec 25, 2023
How to Cite
DEFFIE, Robert et al. PENGARUH FASILITAS KAMAR TERHADAP KEPUASAN TAMU MENGINAP PADA HOTEL BERBINTANG DI PARAPAT KABUPATEN SIMALUNGUN SUMATERA UTARA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 6, p. 63-70, dec. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3850>. Date accessed: 14 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i6.3850.
Section
Artikel