PENGARUH TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS, PARTISIPASI, DAN KEBIJAKAN DESA PADA PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

  • Rima Melati Universitas Bina Darma
  • Muhammad Titan Terzaghi Universitas Bina Darma

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memutuskan dampak keterusterangan, tanggung jawab, kepentingan dan strategi kota terhadap administrasi peruntukan toko kota pada bantuan pemerintah daerah setempat. Strategi pemeriksaan yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan informasi tambahan dan penting yang diperoleh secara implisit melalui catatan dan langsung dari sumber pertama. Sampel penelitian melibatkan 90 responden dari penduduk desa Lais Utara, dan pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner. Analisis data menggunakan metode regresi linear berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS 27. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa keterusterangan dalam mengawasi pendistribusian toko di kota sangat mempengaruhi bantuan pemerintah daerah. Selain itu, tanggung jawab dalam mengawasi distribusi cadangan kota juga mempengaruhi bantuan pemerintah daerah. Investasi daerah setempat tidak berdampak pada bantuan pemerintah daerah setempat. Sementara itu, strategi kota pada dasarnya mempengaruhi bantuan pemerintah daerah.

Published
Dec 26, 2023
How to Cite
MELATI, Rima; TERZAGHI, Muhammad Titan. PENGARUH TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS, PARTISIPASI, DAN KEBIJAKAN DESA PADA PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 6, p. 304 - 316, dec. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3798>. Date accessed: 14 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i6.3798.
Section
Artikel