PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MEDIA VIDEO DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA MSCS SURABAYA

  • Hasan Hutagalung Universitas PGRI Adi Buana
  • Mustaji Mustaji Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Suhari Suhari Universitas PGRI Adi Buana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan model pembelajaran langsung dengan media video dan tingkat motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Mawar Sharon Christian School Surabaya pada kelas XI, dengan total 54 siswa sebagai populasi penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Kelas eksperimen menerima pembelajaran menggunakan media video, sementara kelas kontrol tidak menggunakan media video. Data dikumpulkan melalui angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran langsung dengan media video berdampak positif terhadap hasil belajar siswa, dengan peningkatan sebesar 11,6%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik penerapan model pembelajaran langsung dengan media video, semakin meningkat pula hasil belajar siswa. Selain itu, motivasi belajar siswa juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dengan peningkatan sebesar 20,1%. Artinya, semakin tinggi motivasi belajar siswa, semakin baik pula hasil belajar yang dicapai. Lebih lanjut, penelitian juga menemukan bahwa kombinasi penggunaan model pembelajaran langsung dengan media video dan tingkat motivasi belajar siswa berdampak positif terhadap hasil belajar, dengan peningkatan sebesar 11%. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin baik penerapan media video dalam pembelajaran dan semakin tinggi motivasi belajar siswa, maka hasil belajar siswa akan semakin meningkat. Berdasarkan temuan penelitian, penulis merekomendasikan agar pihak sekolah berusaha untuk melengkapi peralatan atau media yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Selain itu, penting juga untuk memotivasi guru-guru agar meningkatkan kreativitas dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Hasil penelitian ini juga dapat menjadi pertimbangan bagi penelitian di masa depan dalam mengembangkan dan memperluas penggunaan media pembelajaran yang efektif.

Published
Oct 31, 2023
How to Cite
HUTAGALUNG, Hasan; MUSTAJI, Mustaji; SUHARI, Suhari. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MEDIA VIDEO DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA MSCS SURABAYA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 5, p. 186 - 198, oct. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3763>. Date accessed: 15 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i5.3763.
Section
Artikel