PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MEDIA VIDEO DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA MSCS SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan model pembelajaran langsung dengan media video dan tingkat motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Mawar Sharon Christian School Surabaya pada kelas XI, dengan total 54 siswa sebagai populasi penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Kelas eksperimen menerima pembelajaran menggunakan media video, sementara kelas kontrol tidak menggunakan media video. Data dikumpulkan melalui angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran langsung dengan media video berdampak positif terhadap hasil belajar siswa, dengan peningkatan sebesar 11,6%. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik penerapan model pembelajaran langsung dengan media video, semakin meningkat pula hasil belajar siswa. Selain itu, motivasi belajar siswa juga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dengan peningkatan sebesar 20,1%. Artinya, semakin tinggi motivasi belajar siswa, semakin baik pula hasil belajar yang dicapai. Lebih lanjut, penelitian juga menemukan bahwa kombinasi penggunaan model pembelajaran langsung dengan media video dan tingkat motivasi belajar siswa berdampak positif terhadap hasil belajar, dengan peningkatan sebesar 11%. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin baik penerapan media video dalam pembelajaran dan semakin tinggi motivasi belajar siswa, maka hasil belajar siswa akan semakin meningkat. Berdasarkan temuan penelitian, penulis merekomendasikan agar pihak sekolah berusaha untuk melengkapi peralatan atau media yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Selain itu, penting juga untuk memotivasi guru-guru agar meningkatkan kreativitas dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Hasil penelitian ini juga dapat menjadi pertimbangan bagi penelitian di masa depan dalam mengembangkan dan memperluas penggunaan media pembelajaran yang efektif.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).