CAVEAT EMPTOR DAN CAVEAT VENDITOR BERKAITAN DENGAN PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PERTANDINGAN SEPAK BOLA PADA TRAGEDI KANJURUHAN

  • Jerry Saut P. Sihotang Universitas Indonesia
  • Parulian Paidi Aritonang Universitas Indonesia

Abstract

Sepak bola merupakan olah raga yang memiliki sejarah cukup panjang dan memiliki penggemar dari berbagai latar belakang dan juga usia, baik sebagai penonton dan/atau sebagai suporter. Sepak bola di Indonesia, diantaranya kompetisi profesional dan amatir, bernaung di bawah organisasi Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (“PSSI”), sementara PSSI itu sendiri bernaung di bawah Fèdèration Internationale de Football Association (“FIFA”) sebagai organisasi pusat sepak bola secara global. Dalam perjalanan sejarah kompetisi sepak bola di Indonesia, pernah diwarnai oleh beberapa kasus yang begitu menyita perhatian, terutama kasus yang berkaitan dengan tindak kekerasan yang dialami konsumen sepak bola. Selain itu, yang juga tidak luput dari perhatian adalah standarisasi keselamatan, keamanan, dan ketertiban dalam stadion. Dalam hal ini, standarisasi tersebut merupakan tanggung jawab dari penyelenggara pertandingan. Kelalaian atau kesengajaan terhadap pelanggaran standarisasi keselamatan, keamanan, dan ketertiban dalam stadion oleh penyelenggara pertandingan juga dapat menimbulkan potensi terjadinya tindak kekerasan terhadap konsumen. Artikel ini akan menguraikan lebih lanjut mengenai doktrin Caveat Emptor dan Caveat Venditor dalam pertandingan sepak bola pada tragedy Kanjuruhan.

Published
Oct 31, 2023
How to Cite
SIHOTANG, Jerry Saut P.; ARITONANG, Parulian Paidi. CAVEAT EMPTOR DAN CAVEAT VENDITOR BERKAITAN DENGAN PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PERTANDINGAN SEPAK BOLA PADA TRAGEDI KANJURUHAN. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 5, p. 432 - 439, oct. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3751>. Date accessed: 15 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i5.3751.
Section
Artikel