PERAN PENGADILAN HUBUNGAN INDUSTRIAL PADA PENGADILAN NEGERI MEDAN DALAM SENGKETA KETENAGAKERJAAN (STUDI PUTUSAN NO. 336/PDT.SUS-PHI/2020/PN MEDAN)

  • Anton Diary Steward Surbakti Universitas Prima Indonesia
  • Fridolin Teguh Kristian Waruwu Universitas Prima Indonesia

Abstract

Permasalahan penelitian yakni bagaimana peranan pengadilan industrial ketika memutus permasalahan hubungan industrial di wilayah hukum pengadilan negeri Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan PHI diwilayah hukum PHI Medan Data penelitian diambil dengan melakukan wawancara langsung oleh hakim dipengadilan negeri medan dan dengan melakukan tinjuan pustaka pada sumber bahan hukum yg relevan berdasarkan hasil penelitian. Disebabkan beberapa perselisahan yang ada dalam jalinan industrial tersebut, lalu dicari cara terbaik dalam menyelesaikan permasalahan antar pekerja dengan pengusaha. Peranan pengadilan industrial dalam memutus perselisihan jalinan industrial ruang hukum pengadilan negeri medan bersifat pasif artinya Pengadilan Negeri Medan menerima adanya gugatan dan berhak memeriksa perkara tersebut, mengenai benar dan salahnya akan ditentukan pada putusan yang akan ditetapkan yang jelas hakim bersifat pasif,  hakim menerima gugatan para pihak yang bersengketa setelah itu hakim akan menyidangkan berdasarkan fakta fakta yang terdapat dalam persidangan dan jika benar bukti itu memang betul-betul meyakinkan bahwa hak dari pada pekerja tidak ada alasan untuk di PHK berarti harus ada ganti rugi, dan gugatan yang diajukan tergantung dari para pihak. Kesimpulan bahwa pekerjaan harus memiliki jalinan yang harmonis dengan perundang-undangan agar tidak terjadi sengketa atau PHK.

Published
Oct 31, 2023
How to Cite
SURBAKTI, Anton Diary Steward; WARUWU, Fridolin Teguh Kristian. PERAN PENGADILAN HUBUNGAN INDUSTRIAL PADA PENGADILAN NEGERI MEDAN DALAM SENGKETA KETENAGAKERJAAN (STUDI PUTUSAN NO. 336/PDT.SUS-PHI/2020/PN MEDAN). Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 5, p. 137-145, oct. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3731>. Date accessed: 01 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i5.3731.
Section
Artikel