HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI, ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DAN PERILAKU KERJA INOVATIF PADA PERUSAHAAN YANG BERGERAK DALAM BIDANG TRANSMISI DAN DISTRIBUSI GAS BUMI

  • Edi Hidayat Universitas Esa Unggul
  • Ferryal Abadi Universitas Esa Unggul

Abstract

Perilaku inovatif dan memiliki kesadaran terhadap pengembangan ide-ide baru maupun teknologi baru yang dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi dapat menjadi keunggulan kompetitif yang mendukung keberlanjutan suatu perusahaan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh gaya kepemimpinan melayani, transformasional, dan transaksional terhadap perilaku kerja inovatif dalam suatu perusahaan. Penelitian ini juga mempertimbangkan peran moderasi organizational citizenship behaviour (OCB) atau perilaku sukarela pekerja dan mediasi budaya perusahaan. Data yang dikumpulkan melibatkan 205 karyawan di salah satu perusahaan distribusi dan transmisi gas bumi di Indonesia, dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga gaya kepemimpinan memiliki pengaruh positif terhadap perilaku kerja inovatif. Selain itu, gaya kepemimpinan melayani dan transformasional dapat membentuk budaya organisasi yang mendorong kreativitas, inovasi, dan penciptaan ide-ide baru. Meskipun perilaku sukarela karyawan di perusahaan cukup tinggi, penelitian ini menemukan bahwa hal tersebut tidak cukup untuk memperkuat pengaruh positif dari kepemimpinan melayani dan transformasional terhadap perilaku kerja inovatif. Implikasi manajerial dalam temuan ini menekankan pentingnya manajemen dan fungsi human capital management dalam meningkatkan kreativitas, inovasi, dan penciptaan ide-ide baru melalui gaya kepemimpinan yang tepat. Selain itu, menciptakan budaya kerja yang mendukung juga merupakan faktor penting dalam mencapai tujuan tersebut.

Published
Oct 31, 2023
How to Cite
HIDAYAT, Edi; ABADI, Ferryal. HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI, ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DAN PERILAKU KERJA INOVATIF PADA PERUSAHAAN YANG BERGERAK DALAM BIDANG TRANSMISI DAN DISTRIBUSI GAS BUMI. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 5, p. 416 - 431, oct. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3730>. Date accessed: 15 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i5.3730.
Section
Artikel