MOTIVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN DIGITAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PERSATUAN TARBIYAH ISLAMIYAH PALEMBANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis motivasi guru dalam pembelajara digital, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh guru terhadap motivasi guru dalam pembelajaran digital, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi pembelajaran terhadap hasil belajar, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar guru melalui motivasi pembelajaran digital pada Sekolah Menengah Pertama Persatuan Tarbiyah Islamiyah (SMP PTI) Palembang. Dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data skunder, data primer diperoleh dengan menwawancarai informan. kepada 19 orang guru sebagai responden yang menjadi sampel. Teknik analisa data yang digunakan yaitu dengan wawancara. Dari hasil analisa data terhadap variabel yang diteliti yaitu variabel motivasi guru dan variabel dalam pembelajaran menunjukkan adanya hubungan yang signifikan terhadap hasil mengajar guru di SMP PTI Palembang, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Peningkatan motivasi guru akan menjadikan penerapan pembelajaran digital dan pencapaian hasil mengajar yang optimal.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).