PENGARUH PROMOSI DAN PEMASARAN DIGITAL TERHADAP MINAT MENABUNG MASYARAKAT PADA BANK SUMSEL BABEL
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan pemasaran digital terhadap minat menabung masyarakat pada Bank Sumsel Babel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah tabungan pada Bank Sumsel Babel pada tahun 2022 sebanyak 1.229.964 nasabah. Maka, hasil perhitungan sampel menggunakan teknik purposive sampling, maka responden dalam penelitian ini adalah nasabah aktif Bank Sumsel Babel pada kategori jenis layanan tabungan pada tahun 2023 sebanyak 156 nasabah. Hasil dari analisis linier berganda menunjukkan bahwa promosi dan pemasaran digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung masyarakat pada Bank Sumsel Babel. Promosi, dilakukan pemilihan karyawan yang berkompeten di bidang pelayanan nasabah serta penambahan hubungan kerjasama dengan banyak brand untuk dapat memberikan promosi yang lebih banyak dan menarik. Pemasaran digital, penambahan untuk jumlah karyawan sebagai admin social media serta pemberian diskon yang sangat menarik menjadi salah satu harapan nasabah Bank Sumsel Babel.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).