GURU DAN TANTANGAN KURIKULUM BARU: ANALISIS PERAN GURU DALAM KEBIJAKAN KURIKULUM BARU

  • Iwan Usma Wardani Universitas Hamzanwadi
  • I Wayan Lasmawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Suastra Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Perkembangan Pendidikan selalu berjalan searah dengan perkembangan zaman yang disertai dengan adanya perubahan kebijakan kurikulum yang selalu berubah sesuai kebutuhan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi pendidikan melalui perubahan kebijakan kurikulum dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis kajian pustaka. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara mengumpulkan dan menelaah data berdasar sumber yang terkait dengan pembahasan. Setelah terkumpulnya data kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan sumber yang diteliti, fakta kejadian yang telah ditulis dalam pernyataan-pernyataan diungkap. Hasil penelitian ini adalah perubahan yang terjadi karena adanya kebijakan kurikulum baru yang mempengaruhi peran guru serta tantangan pendidikan yang menuntut guru untuk menumbuhkan beberapa kompetensi diri dalam mengembangkan pembelajaran dengan beradaptasi pada kurikulum baru ini.

Published
Oct 31, 2023
How to Cite
WARDANI, Iwan Usma; LASMAWAN, I Wayan; SUASTRA, I Wayan. GURU DAN TANTANGAN KURIKULUM BARU: ANALISIS PERAN GURU DALAM KEBIJAKAN KURIKULUM BARU. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 5, p. 301 - 313, oct. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3708>. Date accessed: 15 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i5.3708.
Section
Artikel