MANAJEMEN BAHASA ASING BAGI STAF FRONT OFFICE MENGHADAPI PASAR WISATAWAN MANCANEGARA

  • Rikki Nelson Lumban Gaol Politeknik Pariwisata Palembang
  • Pelliyezer Karo Karo Politeknik Pariwisata Palembang, Palembang, Indonesia

Abstract

Departemen Front Office merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu hotel. Para staf akan langsung berinteraksi dengan tamu hotel maupun calon tamu. Kemampuan untuk berkomunikasi termasuk keterampilan berbahasa dan kemampuan memahami keinginan tamu dengan bersikap sopan merupakan tujuan penting dalam meningkatkan kualitas saat melayani tamu. Perbedaan presepsi, budaya maupun bahasa dapat menimbulkan beberapa hambatan ketika melakukan komunikasi efektif antara tamu dan seluruh staf hotel, utamanya bagian front office. Adapun metode yang penulis lakukan yaitu penelitian lapangan melalui observasi secara langsung tepatnya di front office salah satu hotel di Malaysia, untuk mendapatkan data-data yang diperlukan dengan cara mewawancarai staf front office yang ada disana. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi kemajuan dan perkembangan sektor pariwisata termasuk bidang perhotelan didalamnya, sehingga dapat memberikan pengetahuan maupun pengalaman langsung serta dapat digunakan menjadi bahan referensi yang berhubungan dengan penelitian sejenis yaitu manajemen penerapan bahasa asing. Melalaui hasil analisa penelitian, penulis menyimpulkan yaitu, bahasa asing sangat penting untuk staf front office untuk membantu meningkatkan kualitas komunikasi dengan wisatawan mancanegara.

Published
Sep 2, 2023
How to Cite
LUMBAN GAOL, Rikki Nelson; KARO KARO, Pelliyezer. MANAJEMEN BAHASA ASING BAGI STAF FRONT OFFICE MENGHADAPI PASAR WISATAWAN MANCANEGARA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 4, p. 990-996, sep. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3577>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i4.3577.
Section
Artikel