STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA LIANG PEMATANG DI KEC. SINEMBAH TANJUNG MUDA HULU, UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KABUPATEN DELI SERDANG

  • Bakti Gunawan Politeknik Pariwisata Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rencana pengembangan desa wisata di Desa Liang Pematang Kabupaten Deli Serdang, dan memberikan saran untuk meningkatkan kesejahteraan/ekonomi desa melalui rencana pengembangan desa wisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mewawancarai tokoh desa dan warga desa Liang Pematang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis SWOT. Melalui kajian ini ditemukan bahwa sarana dan prasarana masih kurang, sedangkan Desa Liang Pematang juga memiliki potensi yang baik dimana pemerintah dan Desa Iang Pematang ikut serta dalam pengembangan Desa Liang Pematang sebagai desa wisata dan dapat ditingkatkan kesejahteraannya. dari orang-orang. Selain itu juga direncanakan untuk mempertahankan dan meningkatkan kapasitas desa Liang Pematang.

Published
Sep 13, 2023
How to Cite
GUNAWAN, Bakti. STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA LIANG PEMATANG DI KEC. SINEMBAH TANJUNG MUDA HULU, UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KABUPATEN DELI SERDANG. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 4, p. 970-977, sep. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3569>. Date accessed: 22 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i4.3569.
Section
Artikel