KAJIAN NEED DAN DEMAND DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN PARA DISABILITAS DI BANJARBARU (TINJAUAN DENGAN PENDEKATAN KONSEP 7P BAURAN PEMASARAN)

  • Nita Pujianti Universitas Lambung Mangkurat
  • Ayu Riana Sari Universitas Lambung Mangkurat
  • Rhizsa Niematoon Naem Universitas Lambung Mangkurat
  • Fitriati Rahman Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Penelitian ini membahas pentingnya fasilitas kesehatan yang dapat mendukung pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi penyandang disabilitas. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional dan melibatkan 50 responden yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara health need dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat primer, namun ada hubungan antara health demand dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat primer. Selain itu, ada hubungan antara health need dan health demand dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat sekunder. Hasil ini menunjukkan bahwa perlunya  perhatian lebih tinggi terhadap kebutuhan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat primer dan sekunder bagi penyandang disabilitas di Kota Banjarbaru terutama pada aspek people, process dan physical evidence untuk memudahkan akses dan kenyamanan selama menggunakan pelayanan kesehatan.

Published
Sep 7, 2023
How to Cite
PUJIANTI, Nita et al. KAJIAN NEED DAN DEMAND DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN PARA DISABILITAS DI BANJARBARU (TINJAUAN DENGAN PENDEKATAN KONSEP 7P BAURAN PEMASARAN). Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 4, p. 840-852, sep. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3556>. Date accessed: 24 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i4.3556.
Section
Artikel