PENGARUH KNOWLEDGE SHARING FACTOR TERHADAP KEBERLANJUTAN PENGGUNAAN E-LEARNING SETELAH VIRUS CORONA

  • Putri Ariyanti Universitas Sriwijaya, Palembang
  • Ken Ditha Tania Universitas Sriwijaya, Palembang

Abstract

E-learning termasuk metode pembelajaran yang memakai teknologi informasi serta bisa diakses melalui internet, sehingga memungkinkan pembelajaran jarak jauh tanpa pertemuan langsung. E-learning berfungsi untuk menerapkan praktik pengelolaan pengetahuan (knowledge management) khususnya dalam berbagi pengetahuan (knowledge sharing). Beberapa kajian sudah menginvestigasi berbagai faktor yang mempengaruhi penerimaan pembelajaran melalui e-learning. Namun, kajian tentang berbagai faktor berbagi pengetahuan yang mempengaruhi adopsi e-learning dalam konteks pasca-pandemi masih terbatas dalam literatur yang ada. Oleh karena itu, kajian ini mempunyai tujuan mengembangkan Model Konfirmasi Harapan (Expectation Confirmation Model) dengan mempertimbangkan faktor berbagi pengetahuan (keterbukaan komunikasi, kepercayaan personal, motivasi berbagi, kegunaan teknologi, serta persepsi kemudahan pemakaian teknologi) untuk menguji kelangsungan pemakaian e-learning, terutama di Universitas Sriwijaya. Kajian ini memakai metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk menguji validitas model yang dikembangkan. Data kajian dikumpulkan dari mahasiswa aktif Universitas Sriwijaya yang memakai ataupun sedang memakai e-learning dalam perkuliahan. Hasil kajian ini memperlihatkan jika faktor berbagi pengetahuan, termasuk keterbukaan komunikasi, kepercayaan personal, motivasi berbagi, kegunaan teknologi, serta persepsi kemudahan pemakaian teknologi, termasuk faktor penting dalam menentukan kelangsungan pemakaian layanan e-learning di Universitas Sriwijaya.

Published
Oct 31, 2023
How to Cite
ARIYANTI, Putri; TANIA, Ken Ditha. PENGARUH KNOWLEDGE SHARING FACTOR TERHADAP KEBERLANJUTAN PENGGUNAAN E-LEARNING SETELAH VIRUS CORONA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 5, p. 164 - 175, oct. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3529>. Date accessed: 15 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i5.3529.
Section
Artikel