PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH BINAAN PT. PEGADAIAN PERSERO SEBAGAI PELAKSANAAN PROGRAM TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

  • Ashari Kara Universitas Indonesia
  • Ety Rahayu Universitas Indonesia

Abstract

Kota Bekasi menjadi kota penyangga Ibukota DKI Jakarta yang telah menhhasilkan sampah sebanyak 1.900 ton/hari. Permasalahan sampah yang terjadi di Kota Bekasi menjadi salah satu isu penting yang dilakukan oleh pemerintah setempat dengan berkolaborasi bersama PT. Pegadaian Persero melelalui program tanggung jawab sosial perusahaan. Bank Sampah Alamanda merupakan bank sampah binaan dari PT. Pegadaian Persero yang menjadi salah satu bank sampah terbaik dan percontohan. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis pemberdayaan masyarakat melalui bank sampah binaan PT. Pegadaian Persero sebagai bentuk pelaksanaan program tanggung jawab sosial perusahaan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Wawancara telah dilakukan kepada 13 informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat aspek pemberdayaan masyarakat dalam pelaksanaan pemberdayaan Bank Sampah Alamanda yang telah memenuhi aspek enabling pemberdayaan masyarakat, aspek empowering dan aspek protecting dalam pemberdayaan masyarakat. Namun dalam aspek-aspek tersebut masih terdapat kendala dimana aspek empowering belum mampu dilakukan sepenuhnya dengan dukungan dari pemerintah setempat.

Published
Jun 28, 2023
How to Cite
KARA, Ashari; RAHAYU, Ety. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BANK SAMPAH BINAAN PT. PEGADAIAN PERSERO SEBAGAI PELAKSANAAN PROGRAM TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 3, p. 226-240, june 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3456>. Date accessed: 09 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i3.3456.
Section
Artikel