PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI POLITEKNIK PARIWISATA MEDAN

  • Bastanta Eka Putra Kembaren Politeknik Pariwisata Medan
  • Marudut Sianturi Politeknik Pariwisata Medan
  • Erwin Pardede Politeknik Pariwisata Medan

Abstract

Peningkatan kinerja pegawai merupakan faktor utama yang dapat menjamin organisasi untuk tetap berkembang dan bertahan di tengah persaingan yang ada. Manajemen memiliki tantangan untuk melakukan berbagai upaya untuk dapat meningkatkan kinerja pegawai demi pencapaian tujun organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kepemimpinan dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai dengan motivasi sebagai variabel intervening di Politeknik Pariwisata Medan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitianiikuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kepemimpinan dan komitmen organisasi memiliki pengaruh positif dan siginifikan terhadap motivasi kerja. Kepemimpinan dan komitmen organisasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di Politeknik Pariwisata Medan. Selain itu ditemukan bahwa motivasi berperan sebagai variabel intervening antara kepemimpinan dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai di Politeknik Pariwisata Medan. Manajemen Politeknik Pariwisata Medan sebaiknya menciptakan hubungan yang baik dengan pegawai, mengadakan kegiatan yang dapat meningkatkan rasa kebersamaan antar pegawai dengan tidak melupakan upaya-upaya yang dapat meningkatkan motivasi pegawai Politeknik Pariwisata Medan.

Published
Jun 29, 2023
How to Cite
KEMBAREN, Bastanta Eka Putra; SIANTURI, Marudut; PARDEDE, Erwin. PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI POLITEKNIK PARIWISATA MEDAN. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 3, p. 317-329, june 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3448>. Date accessed: 01 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i3.3448.
Section
Artikel