DAMPAK PERBAIKAN JALAN TERHADAP KONDISI SOCIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA KLUMPANG KEBUN KECAMATAN HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG

  • Noviyanti Noviyanti Universitas islam negeri Sumatra utara
  • Ilham Mirzaya Putra Universitas islam negeri Sumatra utara

Abstract

Penelitian dilakukan di Desa Klumpang Kebun dan bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kondisi ekonomi masyarakat sekitar dan bagaimana aktivitas masyarakat dengan adanya perbaikan jalan terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat desa Klumpang Kebun kecamatan hamparan perak, Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Metode keabsahan data menggunakan validasi dan diskusi dari kepala desa dan lima masyarakat desa yang berdomisili di Desa Klumpang Kebun Kecamatan Perak Kabupaten Deli Serdang. Dari permasalahan yang ada di Kelurahan Klumpang Kebun Kecamatan Perak terlihat bahwa warga masih kesulitan menjual hasil panennya karena jalan rusak dan berlubang sehingga harus berjalan kaki dan menempuh perjalanan jauh. untuk menjual hasil panen mereka dan kurangnya alat transportasi yang cocok. Ada beberapa dampak positif dan negatif. Dampak positif yang diterima masyarakat adalah peningkatan ekonomi mereka melalui pembangunan dan perbaikan jalan yang mempersingkat perjalanan dan waktu. Sedangkan dampak negatifnya adalah trotoar terkadang menjadi ruang komersial, balas dendam tidak digunakan sebagaimana mestinya. Itulah mengapa infrastruktur jalan menjadi penting, karena infrastruktur jalan yang baik dan memadai tidak hanya dapat menjadi arus mobilitas sosial, tetapi juga cukup untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang terus melakukan pembenahan untuk mendukung perekonomian masyarakat.

Published
Jun 27, 2023
How to Cite
NOVIYANTI, Noviyanti; PUTRA, Ilham Mirzaya. DAMPAK PERBAIKAN JALAN TERHADAP KONDISI SOCIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA KLUMPANG KEBUN KECAMATAN HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 3, p. 178-197, june 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3418>. Date accessed: 10 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i3.3418.
Section
Artikel