PENGUKURAN TINGKAT KESADARAN KEAMANAN SIBER PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL DI LINGKUNGAN MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS WIDYATAMA

  • Hafizh Rizq Nurdin Universitas Widyatama,Bandung
  • Atep Aulia Rahman Universitas Widyatama,Bandung

Abstract

Hadirnya sosial media di tengah kehidupan masyarakat membawa dampak positif dan dampak negatif. Dampak negatif yang timbul karena faktor ketidakpuasaan atau ketersengajaan dalam memanfaatkan sosial media untuk tindakan kejahatan yang mana ini dikenal dengan kejahatan siber. Hampir semua masyarakat sudah menggunakan sosial media, terutama para pemuda. Pemuda saat ini terutama mahasiswa sangat ketergantungan terhadap sosial media, selain untuk menunjang kebutuhan untuk perkuliahan, sosial media juga digunakan untuk gaya hidup. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan guna mengukur tingkat kesadaran Mahasiswa tentang keamanan siber pada sosial media. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif dari kuisioner dengan jenis kuisioner yang terdiri dari RBS (Risky Behavior Scale), CBS (Conservative Behavior Scale) dan EOS (Exposure to Offence Scale) yang disebar melalui platform whatsapp dengan pengukuran melalui skala tabulasi. Hasil penelitian ini menunjukan RBS mendapat nilai yang baik, sedangkan CBS dan EOS mendapat nilai yang cukup. Penelitian dapat dilanjutkan terhadap mahasiswa baru dengan alasan perkuliahan saat ini menggunakan sistem hybrid sehingga diperlukan edukasi dini mengenai kesadaran keamanan siber atau terhadap kalangan dosen dan karyawan dengan perbedaan variable untuk mahasiswa baru dan dosen atau karyawan Universitas Widyatama guna memperoleh hasil yang akurat.

Published
Jun 18, 2023
How to Cite
NURDIN, Hafizh Rizq; RAHMAN, Atep Aulia. PENGUKURAN TINGKAT KESADARAN KEAMANAN SIBER PADA PENGGUNA MEDIA SOSIAL DI LINGKUNGAN MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS WIDYATAMA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 3, p. 94-102, june 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3374>. Date accessed: 10 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i3.3374.
Section
Artikel