EKSISTENSI SATLANTAS POLRES GORONTALO DALAM PENANGANAN KASUS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA ANAK MELALUI PENDEKATAN DIVERSI

  • Maya Amir Pasca Sarjana Magister Hukum Universitas Gorontalo.
  • Robby W Amu Pasca Sarjana Magister Hukum Universitas Gorontalo.
  • Arifin Tumuhulawa Pasca Sarjana Magister Hukum Universitas Gorontalo.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana Peran Satlantas Polres Gorontalo Dalam Menangani Kasus Kecelakaan Lalu Lintas Pada Anak Melalui Pendekatan diversi dan untuk mengetahui dan menganalisis Faktor-faktor apa yang mempengaruhi pelaksanaan diversi pada Satlantas Polres Gorontalo dalam menangani kasus kecelakaan lalu lintas yang melibtkan anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian empiris yaitu penelitian hukum yang didasarkan pada kenyataan yang peneliti dapatkan sesuai dengan data yang ada di lapangan. Peran Satlantas Polres Gorontalo Dalam Menangani Kasus Kecelakaan Lalu Lintas Pada Anak yaitu menogoptimalkan upaya diversi supaya bisa dilaksanakan untuk mencegah anak agar terhindar dari dampak negatif pemidanaan, yaitu dengan cara mempertemukan secara kekeluargaan antara keluarga korban dengan keluarga anak pelaku kecelakaan lalu lintas. Selain pihak-pihak tersebut maka pihak kepolisian juga menghadirkan pengacara anak, pihak penelitian masyarakat (Litmas) dan Bapas setempat. Diversi yang telah berhasil dilakukan akan dimintakan penetapannya kepada Ketua Pengadilan Negeri setempat. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan diversi pada Satlantas dalam menangani kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak yaitu faktor Undang-Undang atau substansi hukum, faktor penegak hukum, faktor sarana atau fasilitas, faktor masyarakat dan faktor kebudayaan.

Published
Dec 7, 2023
How to Cite
AMIR, Maya; AMU, Robby W; TUMUHULAWA, Arifin. EKSISTENSI SATLANTAS POLRES GORONTALO DALAM PENANGANAN KASUS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA ANAK MELALUI PENDEKATAN DIVERSI. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 3, dec. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3365>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i3.3365.
Section
Artikel