PENGARUH BAURAN RITEL (RETAILING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (SURVEI PADA KONSUMEN TRANSMART BUAH BATU KOTA BANDUNG)

  • Dicki Kusmayadi Universitas Teknologi Digital
  • Rizal Fadilah Akbar Universitas Teknologi Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh retailing mix terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan kausalitas dengan sampel 100 responden. Jawaban kuesioner diukur menggunakan skala likert dengan interval skala ordinal 1 - 5. Data dianalisis menggunakan bantuan software SPSS for Windows Versi 22. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa secara parsial barang dagangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, suasana lingkungan toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, iklan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun secara simultan, barang dagangan, lokasi, suasana lingkungan toko, iklan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini telah menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial barang dagangan, lokasi, suasana lingkungan toko, iklan dan promosi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Bertolak dari penelitian ini, maka rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah melibatkan responden yang lebih besar dan beragam demografi, juga melibatkan variabel-variabel lainnya karena setiap demografi memiliki karakteristik berbeda.

Published
Jun 30, 2023
How to Cite
KUSMAYADI, Dicki; AKBAR, Rizal Fadilah. PENGARUH BAURAN RITEL (RETAILING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (SURVEI PADA KONSUMEN TRANSMART BUAH BATU KOTA BANDUNG). Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 3, p. 363-377, june 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3268>. Date accessed: 05 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i3.3268.
Section
Artikel