PENGARUH SITE TRUST DAN VISUAL MERCHANDISING TERHADAP IMPLUSIVE BUYING MELALUI POSITIVE EMOTION PADA KONSUMEN MARKETPLACE SHOPEE YOGYAKARTA

  • Elvender Gunawan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Ida Bagus Nyoman Udayana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta
  • Bernadetta Diansepti Maharani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui bagaimana pengaruh site trust, dan visual merchandising terhadap impulaive buying melalui positive emotion sebagai mediasi pada konsumen marketplace Shopee Yogyakarta. penelitian menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampeling dengan jumlah sampel sebanyak 180 responden sebagai konsumen marketplace Shopee di Yogyakarta. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa site trust dan visual merchandising berpengaruh positif dan signifikan terhadap positive emotion, site tust berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying, sedangkan visual merchandising tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap impusive buying . Selanjutnya hasil penelitian menunjukan bahwa positive emotion mampu memediasi hubungan antara site trust dan visual merchandising terhadap impulsive buying konsumen marketplace Shopee di Yogyakarta.

Published
Sep 1, 2023
How to Cite
GUNAWAN, Elvender; UDAYANA, Ida Bagus Nyoman; MAHARANI, Bernadetta Diansepti. PENGARUH SITE TRUST DAN VISUAL MERCHANDISING TERHADAP IMPLUSIVE BUYING MELALUI POSITIVE EMOTION PADA KONSUMEN MARKETPLACE SHOPEE YOGYAKARTA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 4, p. 803-807, sep. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3256>. Date accessed: 11 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i4.3256.
Section
Artikel