PENGARUH PENGGUNAAN CLOUD COMPUTING “NEXTCLOUD” PADA EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMA NEGERI 3 CIAMIS

  • Agus Irawan STMIK LIKMI, Bandung

Abstract

Pendidikan adalah salah satu bidang yang terus berkembang dan menuntut adanya perubahan dalam pengelolaan dan pengembangan sistem administrasi. Saat ini, teknologi Cloud Computing menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan administrasi pada lingkungan pendidikan. NextCloud merupakan salah satu produk Cloud Computing yang dapat digunakan sebagai Cloud Storage untuk memudahkan pengelolaan data pada lingkungan pendidikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan teknologi Cloud Computing “NextCloud” pada efektivitas dan efisiensi administrasi sekolah di SMA Negeri 3 Ciamis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi Cloud Computing “NextCloud” pada efektivitas dan efisiensi administrasi sekolah di SMA Negeri 3 Ciamis. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan rekomendasi untuk pengembangan infrastruktur Cloud Storage di lingkungan sekolah dan peningkatan fitur-fitur NextCloud untuk memudahkan penggunaannya. Penelitian ini menggunakan metode mixed method research, yaitu dengan menggunakan survei dan deskriptif kualitatif. Survei digunakan untuk mengukur faktor-faktor manajemen risiko, sedangkan deskriptif kualitatif digunakan untuk mengukur efektivitas dan efisiensi administrasi sekolah. Sampel penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan staf tata usaha SMA Negeri 3 Ciamis yang menggunakan layanan NextCloud dalam pekerjaan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan NextCloud dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas administrasi sekolah di SMA Negeri 3 Ciamis. Hasil kuesioner menujukan pengaruh penggunaan Cloud Computing “NextCloud” pada efektivitas dan efisiensi administrasi sekolah di SMA Negeri 3 Ciamis sebesar 96.8 persen.

Published
Sep 15, 2023
How to Cite
IRAWAN, Agus. PENGARUH PENGGUNAAN CLOUD COMPUTING “NEXTCLOUD” PADA EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI ADMINISTRASI SEKOLAH DI SMA NEGERI 3 CIAMIS. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 4, p. 716-726, sep. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3234>. Date accessed: 12 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i4.3234.
Section
Artikel