PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KINERJA KESELAMATAN PERTAMBANGAN DAN LINGKUNGAN DI PT XYZ

  • Gin Gin Sugiawan Universitas Sahid Jakarta
  • Bernard Hasibuan Universitas Sahid Jakarta
  • Sugiarto Sugiarto Universitas Sahid Jakarta

Abstract

Aktivitas pertambangan memiliki potensi resiko kecelakaan yang tinggi. Kegiatan penggunaan alat-alat berat pada area tambang dan pengangkutan batu bara, kegiatan perbaikan (maintenance) serta kegiatan yang berhubungan dengan permesinan menjadi sumber-sumber kecelakaan yang sering terjadi di lingkungan tambang. Mengupayakan terciptanya kinerja keselamatan (Safety Performance) yang baik mutlak diperlukan. PT XYZ sebagai salah satu perusahaan tambang batubara di Indonesia yang memiliki kapasitas produksi yang cukup besar, memiliki potensi resiko kecelakaan yang tinggi. Peningkatan produksi yang tidak diimbangi dengan daya dukung keselamatan dan komitmen keselamatan dari pihak manajemen, akan sangat berpotensi menimbulkan dampak pada kinerja keselamatan dalam perusahaan. Gaya kepemimpinan dalam keselamatan menjadi suatu hal yang sangat berperan dalam menciptakan kinerja keselamatan (Safety Performance) baik secara personal maupun perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan keselamatan (safety leadership) yang meliputi kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan Transaksional terhadap kinerja keselamatan (Safety Performance). Jenis penelitian yang digunakan adalah peneltian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel diambil secara acak proporsional dari karyawan yang bekerja PT XYZ dari berbagi level manajerial sebanyak 300 orang. Berdasarkan hasil anailisa menggunakan analisis jalur (Path Analysis) menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan transaksional memiliki pengaruh yang nyata (Significant) terhadap kinerja keselamatan (Safety Performance) dengan total pengaruh sebesar 82,7%. Implikasinya bagi perusahaan adalah untuk meningkatkan kinerja keselamatan (Safety Performance) agar menjadi lebih baik lagi sesuai target yang diharapkan, dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas safety leadership terutama  gaya kepemimpinan transformasional karena memiliki pengaruh yang lebih besar.

Published
Nov 17, 2023
How to Cite
SUGIAWAN, Gin Gin; HASIBUAN, Bernard; SUGIARTO, Sugiarto. PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL TERHADAP KINERJA KESELAMATAN PERTAMBANGAN DAN LINGKUNGAN DI PT XYZ. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 4, p. 1096-1114, nov. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3175>. Date accessed: 12 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i4.3175.
Section
Artikel