TRANSFORMASI DIGITALISASI PENDIDIKAN PADA SEKOLAH BERBASIS ISLAM (MTS. ALMAARIF 01 SINGOSARI)

  • Ira Wirdatus Solichah MTs. Almaarif 01 Singosari Malang

Abstract

Digitalisasi kehidupan senantiasa menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat terutama instansi pendidikan. Berbagai persoalan dari kesenjangan kemampuan guru, keterbatasan fasilitas hingga perbedaan kompetensi adaptasi menjadi kendala tersendiri dalam mewujudkan digitalisasi pembelajaran. Walaupun demikian, urgensi pendidikan yang menuntut agar sistem pembelajaran harus sesuai dengan perkembangan zaman, telah mendorong berbagai jenis instansi agar berusaha melakukan inovasi tanpa henti. Menanggapi hal ini, MTs. Almaarif 01 Singosari sebagai sekolah berbasis Islam turut berkonstribusi melalui inovasi pembelajaran yang berkelanjutan. Pemanfaatan teknologi pembelajaran menjadi aset penting untuk membangun karakter adaptif pada siswa dalam tingkat menengah pertama. Strategi kombinasi antara kecerdasaan spiritual dan intelektual telah terangkum dalam Galeri Virtual. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi di sekolah berbasis islam. Kedua, menjelaskan pemanfaatan Galeri Virtual  dalam pembelajaran. Kualitatif deskriptif dipilih sebagai pendekatan penelitian. Observasi, analisis dokumen, dan wawancara  kepada guru dan siswa  dipilih sebagai teknik pengumpulan data. Hasilnya, ditemukan hambatan pada siswa yang tinggal dirumah dengan siswa yang tinggal di pondok. Kesenjangan kompetensi adaptasi teknologi pada siswa dan guru menjadi tantangan tersendiri dalam pembelajaran. Penggunaan e-learning dan Galeri Virtual  menjadi metode pembelajaran transformatif yang dirancang agar pembelajaran dapat bersifat aplikatif dan apresiatif

Published
Apr 19, 2023
How to Cite
SOLICHAH, Ira Wirdatus. TRANSFORMASI DIGITALISASI PENDIDIKAN PADA SEKOLAH BERBASIS ISLAM (MTS. ALMAARIF 01 SINGOSARI). Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 1, p. 666 - 676, apr. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3103>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i1.3103.
Section
Artikel