ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA PERENCANAAN DAN HASIL EVALUASI DI KELAS XI OTKP SMK NEGERI 1 PANDEGLANG

  • Uyung Amilul Ulum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nurul Anriani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai bagaimana suatu soal dipersiapkan atau dirancang serta bagaiman hasil analisisnya. Bedasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan) Nomor 16 Tahun 2009, kegiatan yang harus dilakukan oleh guru terkait dengan tugas pokoknya sebagai pengajar adalah menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran yang bermutu, menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran, serta menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan terhadap peserta didik (Permenpan No. 16 Tahun 2009, pasal 1, ayat 1 dan 2). Namun terkait itu semua, kenyataan di lapangan menunjukan bahwa akhir-khir ini banyak kalangan mengeluhkan hasil belajar siswa yang masih rendah. Lebih-lebih menyangkut hasil ujian nasional, khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan fokus analisis dokumen. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan perangkat komputer program ANABUT ditemukan bahwa hanya sebagian kecil soal yang termasuk katagori valid (berdasrakan daya pembeda soal) , yaitu hanya 2 soal dari 50 atau 0,4 %, sedangkan selebihnya 10 soal atau 20% harus diperbaiki, dan 38 soal atau 76 % ditolak. Jadi apa yang sesuai dan layak pada tahap prapelaksanaan belum tentu sesuai dan layak/valid di tahap pascapelaksanaan.

Published
Apr 30, 2023
How to Cite
ULUM, Uyung Amilul; ANRIANI, Nurul. ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA PERENCANAAN DAN HASIL EVALUASI DI KELAS XI OTKP SMK NEGERI 1 PANDEGLANG. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 1, p. 984 - 994, apr. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3076>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i1.3076.
Section
Artikel