PENERAPAN MODEL CTL BERBANTUAN KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK KELAS 1

  • Siti Rahmawati Universitas Muhammadiyah, Surabaya
  • Lilik Binti Mirnawati Universitas Muhammadiyah, Surabaya
  • Fajar Setiawan Universitas Muhammadiyah, Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar dengan menggunakan model CTL berbantuan kartu kata di kelas 1. Metode dalam penelitian ini adalah PTK. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi menggunakan lembar observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah 21 Siswa kelas 1 MI Al-Fahmi Surabaya. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL berbantuan kartu kata secara tatap muka. Kemampuan guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar menggunakan model CTL berbantuan kartu kata dengan skor rata-rata pada siklus I yaitu 71,4% dan siklus II yaitu 89,2% yang dikategorikan baik. Pada siklus I skor rata-rata aktivitas peserta didik yakni 64,2%, sedangkan siklus II mendapatkan skor rata-rata 85,7%. Data hasil belajar peserta didi pada siklus I sebesar 71,36% sedangkan pada siklus II mencapai 88,18%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan selama pembelajaran dari siklus I dan siklus II setelah diberi tindakan menggunakan model CTL berbantuan kartu kata mengalami peningkatan keterampilan membaca peserta didik.

Published
Apr 30, 2023
How to Cite
RAHMAWATI, Siti; MIRNAWATI, Lilik Binti; SETIAWAN, Fajar. PENERAPAN MODEL CTL BERBANTUAN KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK KELAS 1. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 2, apr. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3075>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i2.3075.
Section
Artikel