STUDI DISTRICT METER AREA (DMA) NOROGTOG PERUMDA AIR MINUM TIRTA RAHARJA KABUPATEN BANDUNG UNTUK PENGENDALIAN KEHILANGAN AIR

  • Septiani Muliawati Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Dian Suci Hastuti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
  • Eddy S. Soedjono Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Abstract

Tingkat Non Revenue Water (NRW) pada Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung sebesar 27,20% (Perumda Tirta Raharja, 2021). Hal ini menyebabkan kehilangan pendapatan akibat NRW sebesar Rp.53.311.321.636,5,- pada tahun 2021. Salah satu upaya penurunan NRW yang telah dilakukan oleh Perumda Air Minum Tirta Raharja adalah membentuk 36 District Meter Area (DMA). Pada penelitian ini dipilih DMA Norogtog karena memiliki tingkat NRW tertinggi kedua sebesar 33,41% pada Bulan Januari-April 2022. Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap DMA Norogtog untuk memperoleh strategi peningkatan kinerja DMA. Metode penelitian yang dilakukan berupa analisis DMA yang dilakukan dengan membandingkan kondisi eksisting terhadap kriteria DMA yang ada dalam literatur. Kemudian dilakukan analisis teknik berupa analisis jaringan pipa distribusi pada DMA dilakukan melalui pemodelan menggunakan bantuan software EPANET. Setelah analisis teknis, kemudian dilakukan terhadap strategi peningkatan yang diperoleh, sehingga didapatkan rekomendasi strategi peningkatan DMA. Hasil penelitian didapatkan kondisi eksisting sebagian besar sudah memenuhi kriteria DMA berdasarkan literatur, hanya kriteria tinggi hidraulis pipa yang belum memenuhi kriteria. Adapun beberapa rekomendasi yang dapat dilakukan untuk perbaikan DMA adalah manajemen tekanan dengan menggunakan PRV untuk menurunkan tekanan dan memparelel pipa untuk menaikkan tekanan. Berdasarkan penerapan rekomendasi di atas, tingkat kebocoran pada DMA Norogtog dapat diturunkan sebesar 13,1704%.

Published
Apr 30, 2023
How to Cite
MULIAWATI, Septiani; HASTUTI, Dian Suci; SOEDJONO, Eddy S.. STUDI DISTRICT METER AREA (DMA) NOROGTOG PERUMDA AIR MINUM TIRTA RAHARJA KABUPATEN BANDUNG UNTUK PENGENDALIAN KEHILANGAN AIR. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 1, p. 912 - 921, apr. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3068>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i1.3068.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)