PENGARUH KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA YAYASAN PENDIDIKAN SETIABUDHI SEMARANG)

  • Belia Mulyaningtyas Universitas Stikubank, Semarang
  • Euis Soliha Universitas Stikubank, Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja dan kinerja guru, serta pengaruh kepuasan kerja dalam memediasi hubungan kompensasi dan lingkungan kerja dengan kinerja guru.Subjek adalah seluruh guru tetap dan tidak tetap di Yayasan Pendidikan Setiabudhi Semarang sebanyak 80 orang yang diperoleh secara studi populasi. Data diperoleh menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi dan sobel test.Hasil penelitian adalah kompensasi dan lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja dan kinerja guru, serta kepuasan kerja memiliki efek mediasi terhadap hubungan kompensasi dan lingkungan kerja dengan kinerja guru.

Published
Apr 19, 2023
How to Cite
MULYANINGTYAS, Belia; SOLIHA, Euis. PENGARUH KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA YAYASAN PENDIDIKAN SETIABUDHI SEMARANG). Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 1, p. 677 - 687, apr. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3066>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i1.3066.
Section
Artikel