PENGARUH DIMENSI INTERPERSONAL SKILL DAN PERUBAHAN DESAIN TERHADAP PROYEK DRAINASE YANG DI MEDIASI OLEH KINERJA WAKTU PROYEK DENGAN ANALISIS SEM PLS

  • Yogana Dwi Namara Universitas Guna Darma
  • Heri Suprianto Universitas Guna Darma

Abstract

Isu banjir/genangan semakin berkembang. Pengelolaan drainase perkotaan harus dilaksanakan secara luas dan didukung oleh perubahan kelembagaan, pendanaan, dan keterlibatan masyarakat. Selain itu, isu banjir/genangan semakin berkembang. Secara umum, pengelolaan sistem drainase di banyak kota di Indonesia tidak lengkap, sehingga masalah banjir dan genangan tidak sepenuhnya teratasi. Pelaksanaan pengelolaan drainase perkotaan secara menyeluruh harus didukung oleh perubahan kelembagaan, pendanaan, dan pelibatan masyarakat. diperlukan pengawasan dan pengamatan untuk bisa mencapai ketepatan waktu dan keberhasilan dalam pelaksanaan pelaksanaan proyek drainase lingkungan kota depok. Penelitian ini merupakan penelitian survei (survey research) karena sumber data utama yang digunakan adalah data kuesioner, dan disebut juga penelitian kuantitatif (quantitative research). Populasi penelitian ini yakni karyawan proyek drainase lingkungan kota depok yang terlibat dalam penyelesaian proyek Pembangunan proyek drainase lingkungan kota depok dari level manager sampai pelaksana proyek, Konsultan pengawas dan masyarakat sekitar. Pengambilan sampel dalam studi ini memakai desain non probability sampling, serta teknik sampling memakai purposive sampling dengan jumlah sampling 100 responden. Hasil studi ini memperlihatkan bahwasanya Interpersonal Skill punya pengaruh positif dan signifikan terhadap Keberhasilan Proyek. Interpersonal Skill punya pengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Waktu. Perubahan Desain tidak punya pengaruh yang signifikan terhadap Keberhasilan Proyek. Perubahan Desain punya pengaruh negatif serta signifikan terhadap Kinerja Waktu. Kinerja Waktu punya pengaruh positif serta signifikan terhadap Keberhasilan Proyek. Kinerja Waktu memediasi pengaruh Interpersonal Skill terhadap Keberhasilan Proyek. Kinerja Waktu tidak memediasi pengaruh Perubahan Desain terhadap Keberhasilan Proyek.

Published
Apr 27, 2023
How to Cite
NAMARA, Yogana Dwi; SUPRIANTO, Heri. PENGARUH DIMENSI INTERPERSONAL SKILL DAN PERUBAHAN DESAIN TERHADAP PROYEK DRAINASE YANG DI MEDIASI OLEH KINERJA WAKTU PROYEK DENGAN ANALISIS SEM PLS. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 1, p. 814 - 825, apr. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3059>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i1.3059.
Section
Artikel