PENGARUH MARKETING MIX (4P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR VESPA DENGAN MODEL SPRINT DI PT. SALUYU VESPARIO BANDUNG

  • Naufal Lutfhi Saput Universitas Widyatama,Bandung
  • Desy Oktaviani Universitas Widyatama,Bandung

Abstract

Pembangunan infrastruktur skala besar di Indonesia merupakan salah satu faktor untuk mendorong perkembangan industri otomotif (sepeda motor). Bauran pemasaran (Marketing Mix)  dikenal dalam istilah 4P, yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat atau saluran distribusi),  dan promotion (promosi). Dalam persaingan suatu perusahaan keputusan pembelian menjadi faktor penting dalam penentu eksistensi perusahaan. Keputusan pembelian dapat tercapai apabila produk tesebut sesuai dengan apa diinginkan dan dibutuhkan konsumen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner yang disebarkan kepada 100 orang pengguna motor vespa model sprint. Hasil penelitian menunjukkan  nilai F hitung (144.967) yang lebih besar dari pada F tabel (3,232) dengan tingkat signifikansi (0,000) di bawah level of significance 5%. maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan dari Kualitas produk (Variabel X1) dan Harga (Variabel X2) terhadap Proses Keputusan pembelian (Variabel Y). Besarnya perubahan (variasi) dari putusan, pembelian konsumen sepeda motor vespa model sprint di PT. Saluyu Vespario Bandung. yang dapat dijelaskan oleh variabel marketing mix adalah 85,9%, sedangkan sisanya sebesar 14,1% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Published
Apr 4, 2023
How to Cite
SAPUT, Naufal Lutfhi; OKTAVIANI, Desy. PENGARUH MARKETING MIX (4P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR VESPA DENGAN MODEL SPRINT DI PT. SALUYU VESPARIO BANDUNG. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 2, apr. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3029>. Date accessed: 09 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i2.3029.
Section
Artikel