PERAN INFRASTRUKTUR JALAN DAN DRAINASE DALAM UPAYA ADAPTASI DAN MITIGASI BENCANA BANJIR TERKAIT KONSEP CLIMATE RESILIENT INFRASTRUCTURE STUDI KASUS: KECAMATAN BALEENDAH

  • Mohd Abi Rafdi Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
  • Dinar Oktaria Supardi Kusumah Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon

Abstract

Beberapa tahun belakangan, dampak perubahan iklim begitu dirasakan mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan karena semakin banyaknya aktivitas manusia yang memicu terjadinya fenomena perubahan iklim. Salah satu dampak yang ditimbulkan oleh perubahan iklim adalah perubahan cuaca yang menjadi tidak teratur. Ini menyebabkan siklus hidrologi menjadi tidak teratur. Salah satu akibatnya yakni meluapnya sungai akibat hujan dengan intensitas tinggi sehingga memicu terjadinya banjir di beberapa daerah. Penelitian ini mengambil wilayah studi di Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung yang merupakan salah satu daerah yang rutin terjadi banjir setiap tahun saat musim hujan. Hal ini disebabkan karena wilayah topografi Kecamatan Baleendah berada lebih rendah dibandingkan kawasan sekitarnya dan letaknya yang dilalui oleh Sungai Citarum dan Sungai Cisangkuy. Penelitian ini menggunakan Mixed Methods yakni perpaduan antara data kuantitatif dan kualitatif. Strategi yang digunakan dalam penelitian yaitu concurrent embedded strategy, yakni metode penelitian yang mengkombinasikan metode kuantitatif dan kualitatif dengan cara simultan dengan metode primer lebih berat bobotnya untuk mendapatkan data utama dan metode sekunder digunakan untuk mendukung data dari metode primer. Unit amatan penelitian ini adalah infrastruktur jalan dan drainase meliputi perkerasan jalan dan kinerja drainase. Adapun unit analisis yang dilakukan meliputi kondisi eksisting bangunan untuk kemudian di bandingkan dengan kondisi ideal dalam konteks Climate Resilient Infrastructure.  Kondisi yang terdapat di Kelurahan Baleendah dan Kelurahan Andir adalah masih kurang optimalnya fungsi drainase, sehingga pada saat terjadi banjir, pada titik terendah di Kelurahan Baleendah dan Kelurahan Andir tergenang dalam waktu yang lama, hingga 10 hari. Sehingga dibutuhkan beberapa rekomendai sebagai bentuk upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Published
Mar 30, 2023
How to Cite
RAFDI, Mohd Abi; KUSUMAH, Dinar Oktaria Supardi. PERAN INFRASTRUKTUR JALAN DAN DRAINASE DALAM UPAYA ADAPTASI DAN MITIGASI BENCANA BANJIR TERKAIT KONSEP CLIMATE RESILIENT INFRASTRUCTURE STUDI KASUS: KECAMATAN BALEENDAH. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 2, mar. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3020>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i2.3020.
Section
Artikel