ANALISIS PENGGUNAAN PHOTOVOLTAIC DALAM PENGEMBANGAN TEKNOLOGI SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK HYBRID UNTUK RUMAH TINGGAL DI KABUPATEN ACEH TENGGARA

  • Dewi Sholeha Universitas Darma Agung
  • Muchsin Harahap Prodi Teknik Pendingin Dan Tata Udara

Abstract

Pertambahan penduduk, pertumbuhan ekonomi dan pola konsumsi energi listrik di dunia, khususnya di Indonesia mengalami peningkatan. Energi listrik yang digunakan selama ini di berbagai tempat khususnya pada rumah tinggal masih bergantung pada energi fosil dimana energi fosil ini semakin berkurang ketersediaannya di dunia. Energi terbarukan merupakan solusi untuk membantu ketersediaan energi fosil yang semakin berkurang melalui pengembangan teknologi sistem pembangkit listrik hybrid dalam kegiatan aktivitas pemakaian energi listrik, khususnya untuk rumah tinggal. Energi matahari merupakan energi terbarukan yang dapat dijadikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya, yakni dengan memakai photovoltaic. Penggunaan photovoltaic ini dapat digunakan untuk pengembangan teknologi sistem pembangkit listrik hybrid untuk rumah tinggal. Pembangkit Listrik Hybrid ataupun Sistem hybrid merupakan salah satu cara yang digunakan sebagai satu cara lain pada sistem pembangkit yang diterapkan pada rumah tinggal dan dikombinasikan dengan photovoltaic. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode field research dengan melakukan penelitian lapangan untuk mengumpulkan data-data berupa pengukuran langsung terhadap daya output dari photovoltaic yang diaplikasikan pada rumah tinggal. Hasil dari peneltianĀ  ini menjadikan photovoltaic sebagai sistem pembangkitĀ  listrik hybrid dengan bekerja optimal pada saat pemakaian energi khususnya dalam pemadaman listrik dan posisi letak rumah tinggal sangat mendapatkan cahaya matahari sehingga mendukung sistem hybrid ini bekerja optimal.

Published
Mar 29, 2023
How to Cite
SHOLEHA, Dewi; HARAHAP, Muchsin. ANALISIS PENGGUNAAN PHOTOVOLTAIC DALAM PENGEMBANGAN TEKNOLOGI SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK HYBRID UNTUK RUMAH TINGGAL DI KABUPATEN ACEH TENGGARA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 2, mar. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3013>. Date accessed: 01 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i2.3013.
Section
Artikel