PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA MAN 1 TERNATE DALAM MENCEGAH TINDAK PELECEHAN DAN KEKERASAN SEKSUAL

  • Yusmar Yusuf Universitas Khairun, Ternate
  • A Agustan Arifin Universitas Khairun, Ternate
  • Muhammad Riswan Ramli SMP Negeri 20 Raja Ampat, Papua Barat

Abstract

Banyaknya kasus pelecehan yang terjadi di lingkungan pendidikan seperti sekolah atau kampus, sehingga penting untuk mencari tahu sejauh mana pengetahuan siswa terkait bentuk dari tindak pelecehan dan kekerasan seksual. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data awal tentang pengetahuan dan sikap siswa yang nantinya akan dijadikan bahan evaluasi dan dapat digunakan sebagai tindak lanjut dalam memberi sosialisasi, edukasi tentang perilaku kekerasan dan pelecehan seksual, dan pengembangan metode atau model untuk mengembangkan self-efficacy pada siswa, demi menjaga diri dan masa depan peserta didik sejak dini. Penelitian in imerupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, untuk dijabarkan secara teratur berdasarkan fakta. Dimana subjek penelitiannya adalah siswa MAN 1 Ternate sebanyak 35 siswa dengan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini yaitu pengetahuan dan sikap siswa. Data dikumpulkan menggunakan instrumen berupa angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditemukan bahwa tingkat pengetahuan siswa MAN 1 Ternate tentang tindak pelecehan seksual berada pada kategori cukup, sehingga menjadi bahan kajian untuk dapat ditingkatkan. Sedangkan hasil yang didapatkan untuk sikap siswa menunjukkan hasil yang positif yaitu 96,91% memilih untuk melaporkan, melawan dan menegur pelaku jika terjadi tindak pelecehan seksual pada dirinya ataupun sekitarnya.

Published
Mar 27, 2023
How to Cite
YUSUF, Yusmar; ARIFIN, A Agustan; RAMLI, Muhammad Riswan. PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA MAN 1 TERNATE DALAM MENCEGAH TINDAK PELECEHAN DAN KEKERASAN SEKSUAL. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 2, mar. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2987>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i2.2987.
Section
Artikel