PAMERAN VIRTUAL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PASAR PRODUK DAN JASA STARTUP BISNIS MAHASISWA

  • Hery Budiyanto Universitas Merdeka Malang
  • Dina Poerwoningsih Universitas Merdeka Malang
  • Aryo Prakoso Wibowo Universitas Merdeka Malang
  • Maulid Agung Triono Universitas Merdeka Malang

Abstract

Banyak mahasiswa Universitas Merdeka Malang yang menjadi Wirausaha (strat-up bisnis), dimana mereka dapat menimba pengalaman dalam berwirausaha dan mengembangkan kewirausahaan. Namun, wabah Covid-19 dari tahun 2020 hingga 2022 tidak memungkinkan adanya pameran produk dan jasa, sehingga kegiatan pameran dapat dilakukan secara online menggunakan pameran virtual interaktif (interactive virtual exhibition) . Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk membuat program aplikasi yang memasarkan produk dan jasa untuk memulai bisnis mahasiswa melalui pameran virtual interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tujuan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Ada 10 (sepuluh) langkah penelitian, yaitu: Membentuk tim pengembang, Membuat peta situs, Merancang aplikasi, Konten video, Penjelasan dan animasi subtitle, Komposisi (pemrograman dan enkripsi), Pembuatan Basis Data, Visualisasi, Penyimpanan, Uji Uji dan Penyebaran Online. Sampel sebanyak 20 mahasiswa mengikuti program Inkubator Bisnis Merdeka. Website Unmer Virtual Exhibition kini berhasil dibuat dan siap untuk dijelajahi.

Published
Mar 15, 2023
How to Cite
BUDIYANTO, Hery et al. PAMERAN VIRTUAL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PASAR PRODUK DAN JASA STARTUP BISNIS MAHASISWA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 2, mar. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2956>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i2.2956.
Section
Artikel