UPAYA PENGEMBANGAN SMART CITY KOTA MALANG MELALUI LITERASI DIGITAL (STUDI KASUS DI DPRD MALANG : RANPERDA PENYELENGGARA PERPUSTAKAAN)

  • Alfiyaturrahmah Alfiyaturrahmah Universitas Muhammadiyah Malang

Abstract

Dalam artikel ini menjelaskan Pelaksanaan Ranperda Kota Malang tentang penyelenggaraan perpustakaan yang nantinya akan berfokus terhadap digitalisasi, sebagai bentuk upaya dalam mewujudkan Malang Smart City. Dengan dilaksanakannya Rapat Paripurna tersebut, pemerintahan ingin meningkatkan literasi masyarakat, dengan mengoptimalisasikan pemberian pelayanan literasi digital. Komponen utama dalam mewujudkan Gerakan kota cerdas dengan meningkatkan teknologi, informasi serta komunikasi setiap daerahnya, sehingga kota tersebut mampu merasakan kemajuan teknologi dan tentunya guna meningkatkan minat baca masyarakat Malang. Penelitian kali ini akan menggunakan pendekatan metodelogi deskriptif kualitatif, data yang dikumpulkan melalui library research seperti berita, Jurnal, Harzing dan beberapa literatur pendukung. Dengan topik tersebut, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa Upaya Pemerintahan dalam meningkatkan literasi Kota Malang yakni mulai beralih dari hal yang bersifat konvensional ke dalam digitalisasi, serta bentuk nyata yang diberikan oleh pemerintahan dalam mewujudkan Malang Smart City melalui literasi digital ini dilihat melalui pembentukan Perda Perpustakaan dan memberikan anggaran, agar pelaksanaan tersebut dapat berjalan dengan baik.

Published
Mar 13, 2023
How to Cite
ALFIYATURRAHMAH, Alfiyaturrahmah. UPAYA PENGEMBANGAN SMART CITY KOTA MALANG MELALUI LITERASI DIGITAL (STUDI KASUS DI DPRD MALANG : RANPERDA PENYELENGGARA PERPUSTAKAAN). Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 2, mar. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2826>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i2.2826.
Section
Artikel