ANALISIS TRI PARARTHA DALAM MENGEMBANGKAN LINGKUNGAN KERJA BERBASIS SPIRITUAL ( STUDI KASUS DI UMKM JKS STONE DAN KOPI 3 )

  • I Putu Dharmawan Pradhana Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar
  • Nyoman Sri Manik Parasari Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar
  • Anak Agung Istri Agung Maheswari Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar
  • I Putu Krishna Widyaskara Universitas Pendidikan Nasional, Denpasar

Abstract

Kebudayan Bali berasal dari hasil akulturasi dari ajaran agama Hindu dengan berbagai kearifan lokal yang telah diturunkan dari nenek moyang suku Bali selama berabad-abad. Ajaran Tri Parartha dapat diterapkan dimana saja dan kapanpun tidak hanya berlaku pada masyarakat Bali namun juga bagi masyarakat global dan tidak terbatas pada pergaulan sosial antar manusia di dalam kehidupan bermasyarakat, namun juga sangat tepat apabila dapat diterapkan dengan konsekuen pada dunia industri dan organisasi baik yang bersifat nirlaba maupun unit bisnis. Dalam unit bisnis pasti tidak akan lepas dari yang namanya lingkungan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan 12 narasumber yakni owner, karyawan dan pelanggan dari UMKM Jckstone dan Kopi 3. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa seperti yang sudah dinyatakan oleh owner Jckstone dan kopi 3 yaitu implementasi ajaran Tri Parartha dan bagian – bagiannya seperti saling peduli satu sama lain, saling tolong menolong dan saling hormat menghormati dapat menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang di lingkunga Jckstone dan kopi 3 serta dengan didukung oleh pernyataan pelanggan bahwa saat berbelanja di UMKM Jckstone dan Kopi 3 yang memiliki pelayanan yang peduli akan pelanggan, mau menolong, lingkungan yang bersih serta nyaman dapat membuat citra UMKM menjadi baik di mata pelanggan.

Published
Dec 31, 2022
How to Cite
PRADHANA, I Putu Dharmawan et al. ANALISIS TRI PARARTHA DALAM MENGEMBANGKAN LINGKUNGAN KERJA BERBASIS SPIRITUAL ( STUDI KASUS DI UMKM JKS STONE DAN KOPI 3 ). Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 3, p. 564 - 579, dec. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2687>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i3.2687.
Section
Artikel