INTEGRATION OF SCIENCE IN ISLAMIC EDUCATION; COMPARATIVE STUDY OF THE THOUGHTS OF IBN SINA AND MAHMUD YUNUS

  • Nur Hidayati UIN Sunan Ampel, Surabaya
  • Amalia Dwi Nur’aini UIN Sunan Ampel, Surabaya

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep pemikiran pendidikan Islam yang digagas oleh Ibnu Sina dan Mahmud Yunus. Konsep pemikiran pendidikan Islam keduanya memiliki keterkaitan satu sama lain. Pendidikan Islam menurut Ibnu Sina dan Mahmud Yunus mengutamakan integrasi ilmu agama dan ilmu umum. Konsep pemikiran tentang tujuan, metode dan kurikulum merupakan yang kedua dan dapat dijadikan landasan filosofis dalam praktik pendidikan Islam. Keseimbangan antara ilmu agama dan ilmu umum yang dikemukakannya harus dilakukan agar tidak terjadi dikotomi ilmu. Karena tujuan pendidikan Islam adalah mengantarkan peserta didik untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Sehingga kajian agama dan ilmu umum dilakukan secara seimbang.

Published
Sep 9, 2024
How to Cite
HIDAYATI, Nur; NUR’AINI, Amalia Dwi. INTEGRATION OF SCIENCE IN ISLAMIC EDUCATION; COMPARATIVE STUDY OF THE THOUGHTS OF IBN SINA AND MAHMUD YUNUS. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 2, p. 883 - 899, sep. 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2457>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.2457.
Section
Artikel