PENGELOLAAN LIMBAH MASKER SEKALI PAKAI PADA SKALA RUMAH TANGGA DIMASA PANDEMI WABAH Covid-19

  • Ulfa Hanim Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binalita Sudama
  • Bambang Suryanto Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binalita Sudama
  • Widyawati Widyawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binalita Sudama

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini Pada awal April tahun 2020 WHO mengeluarkan anjuran untuk menggunakan masker bagi semua masyarakat baik yang sehat maupun yang sakit. Adanya kewajiban menggunakan masker oleh semua masyarakat, tentu akan diikuti dengan sampah/limbah masker yang dihasilkan. Pemerintah melalui kementerian kesehatan sebenarnya sudah mengeluarkan pedoman mengenai pengelolaan limbah masker dari masyarakat. Namun pada aplikasinya masyarakat masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara pengelolaan limbah masker ini dalam skala rumah tangga. Tujuan dari


 


penelitian ini memberikan arahan mengenai tahap-tahap pengelolaan limbah masker yang tepat dimasa wabah covid-19 pada skala rumah tangga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif . Penelitian ini menggunakan data deskripsi kualitatif yang diperoleh melalui teknik perekaman, observasi, wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan secara umum, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah Sampel Acak Sederhana (Simple Random Sampling) sebanyak 25 responden. Adapun analisa data dalam penelitian ini peneliti menggunakan data analisa deskriptif kemudian disajikan dalam bentuk tulisan dan tabel. Adapun tahapan penelitian ini adalah, melakukan penyusunan latar belakang, permasalahan, dan tinjauan pustaka, selanjutnya tahapan pengumpulan data melalui teknik perekaman, observasi dan wawancara. Tahapan selanjutnya melakukan reduksi data kualitatif dengan menggunakan model studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak masyarakat kelurahan terjun yang tidak mengetahui bagaimana cara pengelolaan sampah/limbah masker sekali pakai dalam skala rumah tangga dan hanya sedikit saja masyarakat yang mengetahui bagaimana cara pengelolaan sampah/limbah masker sekali pakai dalam skala rumah tangga. saran dari penelitian ini perlu adanya sosialisasi yang dilakukan oleh Pemerintah setempat agar pengetahuan masyarakat mengenai pengelolaan limbah masker sekali pakai tidak rendah. Sehingga dapat mengakibatkan bisa menularkan virus Covid-19 atau penyakit lain kepada warga yang sehat apabila pengelolaan limbah masker sekali pakai pada skala rumah tangga tidak tepat dan benar dalam pengelolaannya jika masker sekali pakai tersebut terinfeksi suatu penyakit dan Pemerintah seharusnya menyediakan tempat sampah/drop box khusus masker di ruang publik, karena tempat sampah khusus masker sangat jarang ditemukan diruang publik.

Published
Jun 15, 2024
How to Cite
HANIM, Ulfa; SURYANTO, Bambang; WIDYAWATI, Widyawati. PENGELOLAAN LIMBAH MASKER SEKALI PAKAI PADA SKALA RUMAH TANGGA DIMASA PANDEMI WABAH Covid-19. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 1, p. 815 - 830, june 2024. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2425>. Date accessed: 17 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.2425.
Section
Artikel