PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI, KOMITMEN ORGANISASI, KOMITMEN KARYAWAN, DAN SIKAP KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR BATAM

  • Alden Nelson Universitas Internasional Batam
  • Veronika Desi Mika Melati Panjaitan Universitas Internasional Batam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Leadership style, Organization culture, Organization commitmen, Employee commitment dan Work attitude mempengaruhi Employee performance yang dimediasi oleh Job satisfaction. Menggunakan teknik kuantitatif dengan jumlah sampel dari 3 perusahaan dengan total reponden yang dihasilkan sebanyak 400 responden. Analisis dilakukan dengan menggunankan teknik least square. Hasil studi menunjukan bahwa variable independent (Leadership style, Organization culture, Organization commitmen, Employee commitment dan Work attitude) berpengaruh positif dan signifikan terhadap employee performance dengan job satisfaction sebagai variabel mediasi. Untuk menciptakan performa kinerja karyawan yang baik, maka penting untuk memperhatikan bagaimana suatu perusahaan menciptakan kerja sama, dan adanya tanggung jawab yang membuat perusahaan terus berkomitmen untuk mengembangkan manajemen sumber daya manusia, terutama faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, sehingga tujuan dari perusahan akan tercapai dengan baik serta meningkatkan kualitas kinerja karyawan.

Published
Apr 4, 2023
How to Cite
NELSON, Alden; MELATI PANJAITAN, Veronika Desi Mika. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI, KOMITMEN ORGANISASI, KOMITMEN KARYAWAN, DAN SIKAP KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR BATAM. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 31, n. 2, apr. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2369>. Date accessed: 25 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v31i2.2369.
Section
Artikel