PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTSI BELAJAR SISWA KELAS XI AKL PADA MATA PELJARAN AKUNTANSI KEUANGANN SMK-1 SWASTA TAMANSISWA PEMATANG SIANTAR T.A.2022/2023

  • Samuel Steven Hutasoit Universitas HKBP Nommensen,Pematang Siantar
  • Susy A Sibagariang Universitas HKBP Nommensen,Pematang Siantar
  • Leo F Simatupang Universitas HKBP Nommensen,Pematang Siantar

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang penulis lakukan diduga penggunaan metode pembelajaran demonstrasi kurang dapat dipahami siswa yang memiliki keterampilan belajar audiovisual yaitu dengan harus mendengar terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan dan penggunaan fasilitas belajar yang ada di SMK 1 Swasta Taman Siswa Pematang Siantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatifasosiatif. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XI AKL  dengan jumlah 33 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,dan dokumentasi dengan instrumen penelitian ini adalah kuesioner (angket). Teknik pengujian hipotesis menggunakan multikolineritas, analisis regresi linear berganda, uji T, uji F dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian juga diketahui bahwa secara parsial variabel metode pembelajaran demonstrasi tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa, sedangkan fasilitas belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Untuk uji secara simultan metode pembelajaran demonstrasi dan fasilitas belajar secara bersama sama memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Yang artinya secara parsial variabel fasilitas belajar memiliki pengaruh yang belajar lebih berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI AKL pada mata pelajaran akuntansi keuangan SMK 1 Swasta Tamansiswa Pematang Siantar. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien determinasi (R Square) 0,755 atau 75,5% yang artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh metode pembelajaran dan fasilitas belajar sebesar 75,5% dan sisanya variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Published
Nov 16, 2022
How to Cite
HUTASOIT, Samuel Steven; SIBAGARIANG, Susy A; SIMATUPANG, Leo F. PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTSI BELAJAR SISWA KELAS XI AKL PADA MATA PELJARAN AKUNTANSI KEUANGANN SMK-1 SWASTA TAMANSISWA PEMATANG SIANTAR T.A.2022/2023. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 3, p. 609 - 619, nov. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2274>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i3.2274.
Section
Artikel