PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA KABUPATEN SRAGEN MELALUI PERSPEKTIF ENDOGENOUS DEVELOPMENT UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL MASYARAKAT

  • Shinta Tris Irawati Universitas Indonesia, Depok
  • Johana Debora Imelda Universitas Indonesia, Depok

Abstract

Kabupaten Sragen mengalami penurunan daya tarik wisata sejak Tahun 2019, penurunan daya tarik wisata telah dipengaruhi oleh pandemic Covid-19, salah satu sektor pariwisata yang terdampak adalah Kawasan Wisata Sangiran yang telah ditetapkan sebagai World Heritage Comitte sebagai Warisan Budaya Dunia dan menjadi potensi pariwisata unggulan Kabupaten Sragen. Fokus penelitian adalah mendeskripsikan dan menganalisis pembangunan Kawasan Wisata Sangiran dengan pendekatan endogenous development dan upaya dalam meningkatkan kesejahteraan sosial bagi masyarakat lokal. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Wawancara dilakukan terhadap 22 informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kriteria dari endogenous development dalam pengembangan Kawasan Wisata Sangiran namun belum sepenuhnya telah dijalankan oleh Pemerintah Daerah, serta terdapat upaya yang dilakukan sebagai bentuk meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat lokal.

Published
Dec 6, 2023
How to Cite
IRAWATI, Shinta Tris; IMELDA, Johana Debora. PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA KABUPATEN SRAGEN MELALUI PERSPEKTIF ENDOGENOUS DEVELOPMENT UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL MASYARAKAT. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 3, p. 253 - 271, dec. 2023. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2255>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i3.2255.
Section
Artikel