PEMANFAATAN APLIKASI GRATIS DISCORD, GOOGLE DRIVE, DAN GOOGLE SHEETS DALAM MEMUDAHKAN PENGARSIPAN DAN DISTRIBUSI DATA DIGITAL

  • Muhammad Khairi Universitas Pembangunan Panca Budi,Medan
  • Ahmad Yazid Universitas Pembangunan Panca Budi,Medan
  • Arpan Arpan Universitas Pembangunan Panca Budi,Medan

Abstract

Penyimpanan dan transfer data cepat, mudah, dan menghemat waktu sangat diperlukan dalam era digital saat ini. Penyimpanan data pun tidak lagi menggunakan penyimpanan internal dan transfer data tidak lagi menggunakan flash drive, namun bisa dilakukan secara online. Di artikel ini penulis mencoba memberikan solusi dalam penyimpanan data dan distribusinya melalui aplikasi Discord, Google Drive, dan Google Sheet untuk penerapannya. Penggunaan ketiga aplikasi tersebut secara bersamaan dimungkinkan untuk meningkatkan efisiensi dalam hal ini terutama adalah waktu. Pencarian data lama yang sudah dikirimkan melalui perangkat aplikasi pesan suara dan teks tidak hanya membuang waktu, namun juga energi dan tingkat stres. Penggunaan aplikasi Discord untuk memudahkan pengarsipan ini dimungkinkan untuk membukanya dari platform mana saja sehingga data tersebut bisa  diakses di mana dan kapan saja. Metode ini diharapkan juga dapat mengantisipasi virus ransomware yang marak sampai sekarang memakan korban pengguna komputer. Hasil saran dari artikel ini diharapkan agar pengguna komputer mulai menyimpan datanya secara online menggunakan ketiga aplikasi tersebut dan metode yang dipaparkan pada artikel ini.

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
KHAIRI, Muhammad; YAZID, Ahmad; ARPAN, Arpan. PEMANFAATAN APLIKASI GRATIS DISCORD, GOOGLE DRIVE, DAN GOOGLE SHEETS DALAM MEMUDAHKAN PENGARSIPAN DAN DISTRIBUSI DATA DIGITAL. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 1, p. 520 - 533, apr. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2232>. Date accessed: 06 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i1.2232.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)