PENERAPAN REHABILITASI TERHADAP PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI YAYASAN CAKRA SEHATI BERDASARKAN UNDANG–UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2009 TENTANG NARKOTIKA

  • Prayoga Kurnia Sugi Putra STIH IBLAM,Jakarta
  • Karli Karli STIH IBLAM,Jakarta

Abstract

Penyalahgunaan narkotika mengacu pada konsumsi obat-obatan terlarang dengan cara yang tidak sesuai dengan tujuannya. Kondisi ini dapat menyebabkan kecanduan yang dapat merusak otak hingga menimbulkan kematian. Sementara rehabilitasi merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk membebaskan pecandu dari rantai narkoba dan risiko yang akan mengikutinya, ada juga upaya lain yang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menilai apakah Yayasan Cakra Sehati sudah memenuhi persyaratan pelaksanaan rehabilitasi penyalahgunaan narkotika di fasilitas tersebut. Serta memiliki pengetahuan tentang tantangan dan upaya yang dilakukan untuk membawa pemulihan bagi mereka yang telah menyalahgunakan narkoba di Yayasan Cakra Sehati. Wawancara, penelitian arsip, dan tinjauan pustaka digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang metode pengumpulan data. Jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metodologi deskriptif, ialah jenis penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan rehabilitasi yang dilakukan oleh yayasan cakra sehati terhadap penyalahgunaan narkotika telah sesuai dengan Undang – Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

Published
Nov 9, 2022
How to Cite
PUTRA, Prayoga Kurnia Sugi; KARLI, Karli. PENERAPAN REHABILITASI TERHADAP PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI YAYASAN CAKRA SEHATI BERDASARKAN UNDANG–UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2009 TENTANG NARKOTIKA. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 3, p. 119 - 131, nov. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2196>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i3.2196.
Section
Artikel