ANALYSIS OF STUDENT ENGLISH COMMUNICATION USING SEMANTIC MAPPING STRATEGY
Abstract
Kemampuan berbahasa inggris berpengaruh besar dalam mendorong karier juga memperluas jaringan bisnis dan memungkinkan setiap orang untuk mengejar peluang karier sesuai dengan perubahan yang terjadi dalam perekonomian. Dalam beberapa dekade terakhir, Asia telah menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi global, dipelopori oleh para pemimpin yang membangun hubungan internasional dan mendirikan perusahaan-perusahaan multinasional. Persaingan perekonomian di sektor swasta mendorong banyak perusahaan secara aktif mengutamakan kecakapan bahasa Inggris dan berinvestasi dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris. Kondisi ini mengharuskan penggunaan strategi yang tepat dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tingkat kemampuan komunikasi bahasa inggris mahasiswa menggunakan strategi Semantic Mapping. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi bahasa Inggris prodi Teknologi Elektromedik berada pada kategori rendah. Hal ini dapat dilihat dari skor perolehan penguasaan kosa kata. Disamping itu, mahasiswa masih sering membuat kesalahan tata Bahasa yang dapat mempengaruhi makna. Sehingga sering kali makna kalimat yang disampaikan menjadi berubah. Masih banyak mahasiswa yang pengucapan (pronounciation) nya dipengaruhi oleh aksen Bahasa daerahnya masing-masing.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Darma Agung agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).