ANALYSIS OF STUDENT ENGLISH COMMUNICATION USING SEMANTIC MAPPING STRATEGY

  • Sri Wida Harahap Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binalita Sudama
  • Sharfina Yusna Amini Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binalita Sudama
  • Kesya Nirma Lumbantobing Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Binalita Sudama

Abstract

Kemampuan berbahasa inggris berpengaruh besar dalam mendorong karier juga memperluas jaringan bisnis dan memungkinkan setiap orang untuk mengejar peluang karier sesuai dengan perubahan yang terjadi dalam perekonomian. Dalam beberapa dekade terakhir, Asia telah menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi global, dipelopori oleh para pemimpin yang membangun hubungan internasional dan mendirikan perusahaan-perusahaan multinasional. Persaingan perekonomian di sektor swasta mendorong banyak perusahaan secara aktif mengutamakan kecakapan bahasa Inggris dan berinvestasi dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris. Kondisi ini mengharuskan penggunaan strategi yang tepat dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tingkat kemampuan komunikasi bahasa inggris mahasiswa menggunakan strategi Semantic Mapping. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi bahasa Inggris prodi Teknologi Elektromedik berada pada kategori rendah.  Hal ini dapat dilihat dari skor perolehan penguasaan kosa kata. Disamping itu, mahasiswa masih sering membuat kesalahan tata Bahasa yang dapat mempengaruhi makna. Sehingga sering kali makna kalimat yang disampaikan menjadi berubah. Masih banyak mahasiswa yang pengucapan (pronounciation) nya dipengaruhi oleh aksen Bahasa daerahnya masing-masing.

Published
Nov 9, 2022
How to Cite
HARAHAP, Sri Wida; AMINI, Sharfina Yusna; LUMBANTOBING, Kesya Nirma. ANALYSIS OF STUDENT ENGLISH COMMUNICATION USING SEMANTIC MAPPING STRATEGY. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 3, p. 92 - 99, nov. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/2194>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i3.2194.
Section
Artikel