PERAN KOMUNIKASI ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN DI PERUSAHAAN, CABANG PEKAN BARU

  • Emmelia Arihta Ginting Universitas Darma Agung
  • Daniel P. Bangun Universitas Darma Agung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan pelaksanaan komunikasi organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap loyalitas karyawan di Perusahaan Transport Cabang Pekan Baru  di tahun 2018.  Subjek penelitian adalah karyawan di kantor Cabang Pekan Baru sedangkan objek penelitian adalah Komunikasi Organisasi, Gaya Kepemimpinan dan Loyalitas Karyawan. Teori yang digunakan dalam penelitian meliputi teori komunikasi organisasi, gaya kepemimpinan transformasional, loyalitas karyawan, dan teori hubungan manusiawi yang dipergunakan sebagai pisau analisis dalam melihat permasalahan yang ada. Teknik pengumpulan data melalui penelitian di lapangan dengan menggunakan metode observasi dan wawancara mendalam dengan informan penelitian. Teknik Analisis Data  menggunakan teknik pendekatan deskriptif kualitatif.  Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pelaksanaan komunikasi organisasi di Perusahaan Transport, Cabang Pekan Baru, belum efektif. Hal ini disebabkan  ketidaksiapan dalam pengelolaan pesan-pesan  komunikasi dalam organisasi yang masih mengutamakan penggunaan metode lisan. Demikain juga ditemukan  tidak ada penguatan pesan atau pesan yang  tidak bersifat jaringan sehingga pesan organisasi sering putus di tengah jalan. Gaya kepemimpinan yang dilaksanakan masih jauh dari gaya kepemimpinan transformasional. Loyalitas karyawan terlihat mengalami penurunan yang diakibatkan gaya kepemimpinan yang tidak mampu mempengaruhi bawahan untuk  merasakan kepercayaan, kebanggaan, loyalitas dan rasa hormat terhadap atasan serta termotivasi untuk melakukan lebih dari apa yang diharapkan. Sebaiknya menjadi perhatian penting perusahaan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan komunikasi organisasi di perusahaan, dengan memilih pimpinan yang mampu melaksanakan komunikasi organisasi yang baik melalui gaya kepemimpinannya sehingga perusahaan tetap mendapatkan dukungan berupa loyalitas dari seluruh karyawan-karyawan potensial yang merupakan asset perusahaan demi perkembangan dan kelangsungan perusahaan itu sendiri.

Published
Apr 30, 2022
How to Cite
GINTING, Emmelia Arihta; BANGUN, Daniel P.. PERAN KOMUNIKASI ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN DI PERUSAHAAN, CABANG PEKAN BARU. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 1, p. 371-383, apr. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1689>. Date accessed: 27 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i1.1689.
Section
Artikel