STUDI KOMPARATIF PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI DAN ANAK USIA REMAJA PERSPEKTIF TEORI LAWRENCE KOHLBERG (MI SHOLBIYAH DAN MA SALAFIYAH AS-SYAFI’IYYAH BOJONEGORO)

  • Abd. Rohman Magister Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ummidlatus Salamah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Husnul Yaqin UINSA Surabaya

Abstract

Studi ini bertujuan untuk membahas tentang perbandingan perkembangan moral antara anak usia dini dan anak remaja perspektif teori kohlberg. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang informasinya diperoleh dari kegiatan lapangan kerja penelitian. Penelitian yang diterapkan merupakan penelitian lapangan (field research) yang memperoleh data serta informasi berdasarkan kegiatan lapangan kerja. Objek penelitian ini adalah MI Sholbiyah  dan MA Salafiyah As-syafi’iyyah Bojoneoro untuk mendapatkan data yang konkret mengenai perkembangan moral. Hasil dari penelitian ini menunjukkan komparasi perkembangan moral antara anak usia dini dan anak remaja berdasarkan teori Kohlberg menunjukkan bahwa pada anak usia dini perkembangan moral masih pada tahap paling bawah yaitu prakonvensional, sedangkan pada anak remaja sudah masuk pada tahap pertengahan yaitu tahap konvensional. Teori Kohlberg) menyatakan ada 3 tingkat perkembangan moral dan pada setiap tingkatnya mempunyai 2 tahap, dipengaruhi oleh lingkungan karena anak-anak menemukan standart moral berasal dari keluarga dan lingkungan sekitar. Tahap perekmbangan moral pada anak kecil dipengaruhi oleh orangtua yang berposisi sebagai peran paling penting. Keberlangsungan perkembangan moral melalui beberapa proses yaitu Identifikasi, Pendidikan langsung, dan proses coba-coba (trialand error).

Published
Aug 6, 2022
How to Cite
ROHMAN, Abd.; SALAMAH, Ummidlatus; YAQIN, Husnul. STUDI KOMPARATIF PERKEMBANGAN MORAL ANAK USIA DINI DAN ANAK USIA REMAJA PERSPEKTIF TEORI LAWRENCE KOHLBERG (MI SHOLBIYAH DAN MA SALAFIYAH AS-SYAFI’IYYAH BOJONEGORO). Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 2, p. 243-253, aug. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1669>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1669.
Section
Artikel