PENGARUH AKREDITASI PUSKESMAS/FASILITAS KESEHATAN DALAM MEMBANGUN ORGANISASI PEMBELAJAR (LEARN ING ORGANIZATION) MENCAPAI SERVICE EXCELLENT

  • Yanuar Nugroho Janti Fakultas kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
  • Dumilah Ayuningtyas Fakultas kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia

Abstract

Penelitian i ini merupakan i narrative review dari i organisasi pembelajar dengan tujuan untuk melihat bagaimana i pengaruh akreditasi i puskesmas/fasilitas i kesehatan dalam membangun i organisasi pembelajar (learning organization) i mencapai service excellent. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif i kualitatif. Jenis data i yang digunakan dalam i penelitian ini adalah data kualitatif dengan kategori data sekunder. Sumber data i diperoleh melalui teknik penelitian kepustakaan (library study) yang mengacu pada sumber yang tersedia baik online i maupun offline seperti: jurnal ilmiah, buku dan berita yang bersumber dari sumber terpercaya. Hasil penelitian menyimpulkan  bahwa i Pelaksanaan akreditasi puskesmas merupakan salah satu fokus revitalisasi puskesmas yang sesuai dengan arah kebijakan i penguatan i pelayanan kesehatan. i Pengukuran tingkat kepuasan pasien menjadi i hal yang tidak dapat dipisahkan dengan i pengukuran mutu layanan kesehatan. Pelayanan prima (service excellent) berpengaruh terhadap kepuasan i pasien. Pelayanan prima puskesmas dapat i terwujud ketika tenaga kerja puskesmas i terus-menerus memperluas i kapasitas mereka untuk i menciptakan hasil yang diinginkan, di mana pola-pola i baru i dan pola berpikir dikembangkan, aspirasi i kolektif dibebaskan, dan orang terus-menerus belajar bagaimana belajar i bersama, i atau dapat i diartikan pula dengan learning organization.

Published
Aug 6, 2022
How to Cite
JANTI, Yanuar Nugroho; AYUNINGTYAS, Dumilah. PENGARUH AKREDITASI PUSKESMAS/FASILITAS KESEHATAN DALAM MEMBANGUN ORGANISASI PEMBELAJAR (LEARN ING ORGANIZATION) MENCAPAI SERVICE EXCELLENT. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 2, p. 222-228, aug. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1667>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1667.
Section
Artikel