KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 1 BUAY PEMUKA BANGSA RAJA OKU TIMUR

  • Ratu Mutialela C aropeboka Universitas Bina Darma Palembang
  • Bangkit Sanjaya Universitas Bina Darma Palembang
  • Aulia Amanda Universitas Bina Darma Palembang

Abstract

Penelitian ini berjudul komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa SMK Negeri 1 Buay Pemuka iiBangsa Raja Oku Timur. iPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelasakan bagaimana komunikasi interpersonal guru dalam imeningkatkan motivasi belajar pada siswa SMK Negeri 1 Buay Pemuka Bangsa Raja Oku Timur. Metodepenelitian yang di gunakan iadalah metode penelitian ikualitatif dan pendekatan ideskriftif. iAdapun subjek penelitian terdiri dari 6 Orang, 1(satu) orang kepala sekolah , 3 (tiga) Orang guru dan 2 (dua) Orang siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Penelotian ini imenggunakan Teori Motivasi ARCS (Attenion,Relevance,Confindence dan Satisfaction). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa iSMK Negeri 1 Buay Pemuka Bangsa Raja Oku Timur, yaitu : dengan memeberikan motivasi terhadap siswa iadalah salah satu cara guru untuk meningkatkan kembali motivasi belajar siswa yang sempat terhambat dengan kendala yang di alami siswa pada saat peajaran online, cara yang di ambil oleh pihak sekolah dengan imelakukan ipembajaran sesi-persesi yang semuanya telah mengikuti protokol kesehatan.

Published
Aug 6, 2022
How to Cite
AROPEBOKA, Ratu Mutialela C; SANJAYA, Bangkit; AMANDA, Aulia. KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMK NEGERI 1 BUAY PEMUKA BANGSA RAJA OKU TIMUR. Jurnal Darma Agung, [S.l.], v. 30, n. 2, p. 212-221, aug. 2022. ISSN 2654-3915. Available at: <https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/1666>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1666.
Section
Artikel